Cara Menghemat Baterai Laptop

Ini ada beberapa tips menghemat baterai laptop yang lucu, seperti banyak beredar di internet misalnya:

  • Menjaga laptop jangan kena debu menumpuk: Kalau banyak debu menumpuk itu sepertinya bukan laptop, tapi lantai atau alas kaki. Ada-ada saja !!
  • Matikan laptop ketika tidak dipakai: Lha ..itu orang kenapa laptop tidak dipakai tapi dinyalakan.. ??? Buat ngusir tikus ???
  • Bersihkan laptop secara teratur: Lha ini juga apa hubungannya dengan baterai laptop ?? Tapi kalau mau dihubung-hubungkan juga tak masalah, mang kalau kipas ketutup bisa cepet panas n makan baterai.
  • Bawa baterai cadangan: kalau ini bukan menghemat baterai, tapi memperbanyak baterai !!

Tidak masalah, yang penting semua ada hubungannya dengan laptop. Tapi macam-macam tips cara menghemat baterai laptop pada dasarnya adalah kebutuhan energi/tenaga yang dibutuhkan menyesuaikan kerja pada laptop. Jika anda gunakan laptop untuk grafis, internetan, game, musik dengan suara keras, atau mutar video yang butuh untuk memutar perangkat dvd dan menampilkan gambar dengan grafis tinggi, ya tentu semua itu pakai daya yang diambil dari batrai bukan dari langit. Lebih boros jelas jika dibanding dengan hanya sekedar ketik.

Biar dapat oleh-oleh gak ngelantur, Mungkin inilah tips hemat baterai laptop yang masih nyambung, ingat ini untuk laptop berarti juga termasuk Toshiba, hp compaq, lenovo, asus, dell, acer, sony vaio, dll. he ..

  • Lepas Perangkat yang tidak dipakai: Seperti flashdisk, CD/DVD, modem jika menancap pada laptop maka masing-masing perangkat tersebut membutuhkan suplay daya.
  • Setting baterai : Biasanya Power Saver. Klik pada icon baterai, disana ada yang namanya Selec power plan, jadi atur sesuai keperluan anda. Semakin laptop anda redup semakin irit. Bahkan kalau mati sekalian tambah irit.. he he
  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan/Install ulang secara berkala. Pastikan hanya aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan saja yang dipakai. karena kadang keseringan laptop dipakai banyak program yang telah di instal dan dari beberapa aplikasi sering berjalan sendiri (startup), update sendiri ketika terkoneksi internet , meskipun secara sadar tidak dipakai, sehingga akan turut memakan daya pada baterai.
  • Sirkulasi udara lancar: kipas processor tidak terhalang benda atau kotoran. Keluar masuknya angin aman terkendali.
  • Perhatikan bunyi laptop, jika mengerang (bunyi keras) padahal dipakai biasa-biasa saja, itu tandanya capek, perlu istirahat. Matikan sementara, atau restart. Jika diteruskan laptop hanya buang-buang energi tapi kinerja gak maksimal. Ibaratnya orang sudah lemes .
  • Defrag HardDisk, perhatikan juga kondisi harddisk apa ada bad sector/ atau bunyi (tik-tik). Jika sudah bunyi dan ciri-ciri kerja harddisk sudah melambat ganti saja dengan yang baru. Kondisi harddisk berpengaruh, seperti orang disuruh dorong mobil, kalau mobilnya rodanya seret juga berat kerjanya dan cepat menghabiskan energi.
  • Pakai aplikasi power management/ Software/aplikasi maintenance baterai laptopbanyak di internet banyak. Ada yang bilang software pengirit baterai. Efeknya sedikit membantu !!

Sementara itu dulu, nulisnya malam-malam ini, ngantuk!!. berlanjut nanti , kalau mau komplain atau masukan monggo !!

Leave a Reply

Contact / HUB KAMI

BBM: 75 3925 FB
Whatsapp: 089 800 679 27

Dealer / Pengaduan:
PIN: 5B 849 ADA
Whatsapp: 0857 555 57 578

Like Facebook
Google Map