Tips Membeli Laptop Bekas

Sudah banyak beredar tips atau cara membeli laptop bekas di google. Tapi biar sedikit ada bedanya, kami memberikan tips membeli laptop bekas menuruf versi rosylaptop yang biasa dilakukan saat melakukan transaksi jual beli:

Berikut tipsnya:

  1. Jangan lupa Baca BISMILLAH (bagi yang muslim)
  2. Periksa fisik (Bagus apa tidak, engsel, retak/patah, baret, dll)
  3. Cek baut / segel (Sudah pernah dibongkar /service apa belum) , jika kelihatannya sudah pernah di service tanyakan saja pada penjual service apanya. Meskipun tidak semua orang jujur, minimal dari keterangan penjual dapat dijadikan referensi. Tidak semua laptop bersegel seperti garansi resmi toshiba, hp compaq, lenovo, asus tidak ada. Tidak semua yg pernah diservice itu buruk, tidak semua yang tidak pernah diservice itu bagus. Cek saja !!
  4. Cek kelengkapan (laptop + charger + tas + dos book + kartu garansi) , bila ada kekurangannya tanyakan saja di mana dan kenapa?. Kelengkapan juga sedikit berpengaruh terhadap harga.
  5. Baru Cek Fungsi-fungsi, seperti LCD (dot, dead/ masih mulus), DVDRW (coba cd/dvd), Keyboard, Wifi, Camera, Lan, USB, Mouse, Klik kanan/kiri, Speaker, BATERAI (ketahanan berapa jam), dll yg dirasa perlu. Jika tidak tau ajak orang yang lebih ngerti, atau minta tolong penjual untuk mengatakan kondisi yang sebenarnya.
  6. Pastikan barang milik sendiri, bukan barang curian dan khusus di rosy laptop dibuatkan pernyataan dan surat perjanjian jual beli. Jika bukan milik sendiri / disuruh menjualkan, buat dia menyatakan yang sebenarnya memang diberi hak menjualkan. catatan: Jika anda kurang hati-hati dan suatu saat barang bermasalah, maka anda bisa dikenakan pasal penadah, atau minimal barang yang anda beli disita Polisi, dan uang anda hilang (banyak kasus).
  7. GARANSI, jika laptop yang anda beli sudah habis masa garansi mintalah garansi pada penjual. Khusus yang ini biasanya susah jika anda membeli langsung pada user (orang), kecuali anda beli di Toko jual beli laptop. Karena garansi ini yang dapat membuktikan sekaligus jaminan kualitas barang. Soalnya sparepart laptop mahal, dipakai beberapa hari bisa rusak, sekali rusak minimal ratusan hingga jutaan. Perhatikan juga Sistem Garansi : (garansi uang kembali, replace (rusak ganti baru/yg lain), garansi full service (sparepart+ongkos free), garansi service (hanya onkos service saja, sedangkan sparepartnya tetap bayar)).
  8. Jika sudah deal, jangan lupa Ijab Qobul, salaman (sebagai tanda anda mengakhiri jual beli dengan sah, saling rela dan tanpa paksaan). biar berkah !!

NB: Mengenai harga, pengalaman rosy laptop tidak ada patokan baku, karena setiap laptop dengan merek dan type yang sama dapat selisih harga hingga jutaan tergantung kondisi, spesifikasi, kelengkapan,serta keinginan penjual dan pembeli dalam menyepakati harga.

Mudah-mudahan Tips Cara membeli laptop bekas ini bermanfaat. Terima kasih !!

Leave a Reply

Contact / HUB KAMI

BBM: 75 3925 FB
Whatsapp: 089 800 679 27

Dealer / Pengaduan:
PIN: 5B 849 ADA
Whatsapp: 0857 555 57 578

Like Facebook
Google Map